Dijamin Menyesal, Inilah Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV

 

Hai sobat blog…

Drama Korea sukses dengan rating tinggi tak selalu berawal dari jalan yang mulus. Dalam beberapa kasus, serial-serial tersebut bahkan pernah ditolak oleh stasiun televisi nasional di Korea.

Penolakan tersebut punya alasan yang beragam. Mulai dari bujet yang terlalu besar hingga cerita yang dianggap terlalu serius. Meski demikian, ditolak di satu stasiun televisi justru mengantarkan drama tersebut sukses besar di stasiun televisi lainnya.

Drama apa sajakah itu? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV

1. Descendants of the Sun

Descendants of the Sun tayang di KBS pada 2016, dan jadi salah satu drama legendaris dengan rating tinggi. Namun ternyata, drama ini awalnya ditawarkan ke SBS, tapi stasiun televisi nasional tersebut menolaknya.

Padahal, kedua pihak sudah membahas jadwal penayangan serial tersebut. Mengutip Sports Donga, alasan SBS akhirnya menolak memproduksi drama tersebut adalah karena biaya produksi yang tinggi, termasuk syuting di Yunani.

Sementara karakter utamanya yang seorang tentara dan dokter membuat keduanya akan lebih banyak memakai seragam. Ini membuat SBS merasa akan sulit mencari sponsor iklan product placement (PPL).

Fakta bahwa drama ini ditulis oleh Kim Eun-sook yang berada di balik kesuksesan drama SBS Heirs (2014), dan delapan proyek lainnya, tetap membuat stasiun televisi itu bergeming.

Keputusan tak cermat itu akhirnya membuat SBS terpaksa gigit jari setelah melihat Descendants of the Sun sukses besar di stasiun televisi nasional saingan mereka.

2. Signal

Tak hanya Descendants of the Sun, SBS juga kena sial saat menolak serial thriller Signal di tahun yang sama. Signal akhirnya tayang di tvN, dan menjadi salah satu serial dengan rating tertinggi sepanjang masa untuk penayangan di seluruh stasiun televisi berbayar.

Kesuksesan Signal secara komersial dan dimana para kritikus juga membuatnya diadaptasi di Jepang dan China. Kini, Signal 2 pun tengah dipersiapkan oleh tvN.

Sama seperti penolakan SBS terhadap Descendants of the Sun, Signal dinilai tidak akan membawa keuntungan karena jalan ceritanya yang dianggap 'berat'. Serial dengan jalan cerita kilas balik (flashback) dari tahun 1980-an ke masa sekarang juga dianggap akan sulit dijual untuk PPL.

3. Strong Woman Do Bong Soon

Kali ini giliran tvN yang kurang cermat. Mengutip KBIZoom, awalnya drama dengan jalan cerita unik ini ditawarkan ke stasiun televisi berbayar itu.

Karena ditolak oleh tvN, drama ini akhirnya diambil oleh sesama stasiun televisi kabel, JTBC. Hasilnya, tvN terpaksa menelan ludah karena Strong Woman Do Bong Soon ternyata masuk dalam daftar drama Korea TV kabel dengan rating tertinggi sepanjang masa, dengan perolehan tertingginya mencapai 9,6%. Drama ini juga jadi hit dan sangat disukai oleh penonton di luar Korea.

4. Mr Sunshine

Lagi-lagi SBS vs penulis Kim Eun-sook, kali ini lewat Mr. Sunshine. Drama yang tayang pada 2018 ini juga ditolak stasiun televisi tersebut, dan akhirnya jatuh ke tvN. Hasilnya, Mr Sunshine menjadi drama dengan rating tertinggi kedua (kategori episode) sepanjang masa untuk televisi kabel.

5. Extraordinary Attorney Woo

Mengutip Koreaboo, netizen di forum daring di Korea pernah menemukan semacam iklan dari SBS yang membuka audisi untuk anak-anak demi keperluan drama berjudul Extraordinary Attorney Woo.

Namun seperti kita ketahui, serial on going ini malah ditayangkan di televisi kabel ENA. Tak jelas alasan SBS tak jadi menayangkan serial ini meski membuka lowongan audisinya. Yang jelas, SBS kembali kehilangan kesempatan untuk jadi rumah bagi drama viral ini.

6. The Lady in Dignity

Drama tahun 2017 ini juga awalnya diberikan kepada SBS. Namun stasiun televisi itu menolak karena detail adegan dewasanya.

Akhirnya, The Lady in Dignity jatuh ke tangan JTBC yang memang dikenal kerap menayangkan drama 18+ seperti The World of the Married. Drama ini pun mencetak rating tinggi untuk ukuran penayangan di televisi kabel, yaitu rata-ratanya tercatat 6,5%, dan rating tertingginya 12%.

7. My Golden Life

Awalnya, penulis So Hyun-kyung menulis drama ini untuk SBS. Namun karena ditolak, akhirnya diberikan ke KBS. Hasilnya, drama tahun 2017 dengan 52 episode ini meraih rating rata-rata nasional hingga 34,8%.

Nah, iulah deretan drama Korea sukses yang pernah ditolah oleh stasiun tv di Korea. Dari sini kita dapat belajar bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Semoga membantu!

Posting Komentar

0 Komentar